The Vaccines - Come of Age - Three On Speed The Vaccines - Come of Age - Three On Speed

728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, October 25, 2012

    The Vaccines - Come of Age




    Dalam dunia musik ada dua hal yang dapat dilakukan musisi dalam menghasilkan album berikutnya. Yang pertama adalah mengulang konsep dari album sebelumnya, dan yang kedua ialah melakukan perubahan konsep  serta eksplorasi musik yang belum pernah dilakukan di album sebelumnya. The Vaccines memilih yang pertama.

    Tak ada perubahan sifnifikan di album Come of Age ini, kecuali sound yang terdengar lebih segar dibanding album sebelumnya. Mendengarkan album ini sama halnya dengan mengalami déjà vu. Mungkin The Vaccines sendiri masih ingin bernostalgia dengan kemasan seperti ini. Bisa dimaklumi karena debut album mereka bertajuk What Did You Expect From The Vaccines? berhasil meraih kesuksesan hingga digembar-gemborkan oleh NME sebagai “Return of the Great British Guitar Band.”

    Namun secara keseluruhan album yang hanya berjarak 18 bulan dari album sebelumnya ini tidak bisa dibilang buruk. Terbukti dengan melesatnya album ini ke posisi teratas di UK Album Number One, mengalami peningkatan dari album sebelumnya yang meraih peringkat empat. Sebenarnya ada beberapa hal menarik di  album ini, seperti permainan slide gitar di lagu ‘All in Vain’ yang mengingatkan saya pada gitaris The Beatles, George Harrison. Begitu juga lagu ‘Weirdo’ yang beraroma grunge. Justin Young sang vokalis juga terlihat lebih kreatif dalam penulisan lirik. Terlihat dalam lagu berjudul ‘I Wish I Was a Girl’ yang merupakan sebuah eksplorasi gender dimana Young memposisikan dirinya sebagai pria yang terobsesi untuk menjadi seorang perempuan.

    Disamping semua itu, secara kualitas album kedua mereka ini masih tidak sebanding jika dibandingkan dengan album sebelumnya. No Hope, single pertama mereka di album ini memang bukan lagu kacangan sebagai pembuka track. Masih dengan sound punk yang kasar ala ‘80an, track ini berhasil menyegarkan kembali ingatan saya akan karakteristik The Vaccines. Namun jika dibandingkan dengan single pertama mereka di album sebelumnya yang berjudul ‘If You Wanna’; track ini jelas kalah telak. Bahkan track semacam ‘Wetsuit’ pun terasa jauh lebih segar dan masih menempel di kepala saya.

    Meskipun begitu, album ini masih layak mengisi playlist anda. Banyak kritikus musik berpendapat bahwa album yang diluncurkan hanya dalam jangka waktu satu tahun tidak akan menghasilkan karya yang maksimal. Alhasil para kritikus pun hanya akan menganggap  album tersebut sebagai album kejar tayang yang proses penggarapannya terburu-buru. Anggapan itu tak selamanya benar. The Beatles pernah membuktikannya, begitu juga The Vaccines lewat Come of Age ini.
    -Argo Selig Saputro
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    threeonspeed.com/search/label/news

    Post a Comment

    Item Reviewed: The Vaccines - Come of Age Rating: 5 Reviewed By: Three On speed
    Scroll to Top