Earth Hour Tangerang Kampanye Diet Kantong Plastik - Three On Speed Earth Hour Tangerang Kampanye Diet Kantong Plastik - Three On Speed

728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, October 19, 2012

    Earth Hour Tangerang Kampanye Diet Kantong Plastik

    Oleh : Satria Kinayungan




    Earth Hour adalah sebuah organisasi kampanye sukarela terbesar di dunia, yang bergerak dalam kegiatan  kampanye sukarela untuk lingkungan hidup. Organisasi ini dalam prakteknya sangat aktif mengundang warga dunia; baik individu, komunitas, hingga pemerintah untuk bekerja sama dalam mengurangi emisi karbon hingga akhirnya dapat mengurangi dampak perubahan iklim.

    Pada kesempatan kali ini Earth Hour mengajak masyarakat Tangerang di kisaran Car Free Day dan alun-alun A.Yani pada tanggal 28 Oktober 2012 untuk meminimalisir penggunaan plastik. 

    Menurut penelitian, sampah plastik membutuhkan waktu 200 – 1000 tahun untuk terurai sampai habis. Dan 90% sampah di laut merupakan kantong plastik yang sangat berpotensi merusak habitat perairan laut. Dari beberapa riset juga diketahui setiap orang dalam jangka waktu satu tahun dapat menggunakan 700 buah kantong plastik. Mall atau supermarket juga mengambil andil besar dalam pencemaran, terhitung sekitar 17 milyar kantong plastik dibagikan secara gratis oleh supermarket per tahunnya.

    Bertemakan 'Indonesia Diet Kantong Plastik' Earth Hour Tangerang akan melakukan kampanye untuk mengajak masyrakat Kota Tangerang, komunitas, pelajar, serta pemerintah untuk dapat menggunakan plastik secara bijak. Kampanye yang diadakan secara berkala selama satu bulan ini akan mencapai puncak pada tanggal 28 Oktober di Car Free Day – Tugu Adipura Kota Tangerang.

    Berbagai rangkaian acara kolaborasi dengan beberapa komunitas di Tangerang telah mereka siapkan guna menarik banyak perhatian. Ada sekitar 50 Komunitas di Tangerang ikut mendukung acara ini dan beberapa akan tampil serta unjuk gigi menampilkan keahlian mereka masing-masing.

    Di jejaring sosialnya @EHtangerang mengumumkan pembukaan pendaftaraan bagi siapapun yang ingin menjadi volunteer lewat hashtag #IDKPTangerang untuk bergabung dengan Earth Hour Tangerang. Pendaftaraan untuk volunteer ini diadakan pada akhir pekan, 21 Oktober pukul 06.00 WIB di sekitar kawasan Palem Semi, Tangerang.

    Di acara puncak 28 Oktober Organisasi yang berada dibawah naungan WWF ini akan mengadakan penukaran 10 sampah plastik dengan reusable bag. Sistem barter ini dilakukan dengan tujuan memfasilitasi masyarakat yang belum memiliki reusable bag untuk konversi penggunaan kantong plastik. Penukaran reusable bag ini diharapkan dapat mengubah pola kebiasaan masyarakat dalam penggunaan plastik ketika berbelanja. Dan sampah yang di dapat akan didonasikan kepada pengrajin di Tangerang untuk didaur ulang.

    Pada twitternya, Earth Hour Tangerang berkali-kali mengajak followersnya untuk dapat merubah pola hidup dan menjaga dengan baik kelestarian alam. Dan mereka berharap masyarakat Tangerang dapat memulainya dengan menghadiri event #IDKPTangerang pada 28 Oktober mendatang.

    Selain itu, acara kampanye ini juga akan dijadikan sebagai ajang untuk berkumpul, berjejaring, dan promosi berbagai komunitas pendukung EARTH HOUR Tangerang serta sebagai bentuk kolaborasi kerjasama antara berbagai pihak di Tangerang seperti warga, komunitas, sekolah/universitas, korporasi, media, dan pemerintah Tangerang.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    threeonspeed.com/search/label/news

    Post a Comment

    Item Reviewed: Earth Hour Tangerang Kampanye Diet Kantong Plastik Rating: 5 Reviewed By: Three On speed
    Scroll to Top