Review Konser: MXPX Rasa Tumbledown di Heaven Rawk Tour Jakarta - Three On Speed Review Konser: MXPX Rasa Tumbledown di Heaven Rawk Tour Jakarta - Three On Speed

728x90 AdSpace

  • Latest News

    Saturday, October 13, 2012

    Review Konser: MXPX Rasa Tumbledown di Heaven Rawk Tour Jakarta

    Oleh : Argo Selig Saputro



    Begitu mendengar kabar bahwa trio punkers asal Bremerton, Amerika Serikat ini akan kembali menggelar punk rawk show di Indonesia pada 10 Oktober 2012 saya spontan tersenyum lebar. Setelah melewatkan panggung pertama mereka di Jakarta empat tahun silam, akhirnya saya diberikan kesempatan kedua untuk menjadi bagian dari kerumunan penonton di gedung Viky Sianipar Music Center yang berteriak memuja Mike Herrera.

    Jujur, yang paling saya nantikan dari setiap konser mancanegara adalah setiap kejutan yang ditampilkan dari musisi tersebut. Seperti di gelaran Rockvolution Juli tahun lalu saat Rufio yang berkolaborasi dengan Tonight Alive serta Michale Graves saat berakustik ria di tengah konser Marky Ramones Blietzkrieg. Atau ketika New Found Glory mengajak dua penonton naik ke atas panggung untuk memainkan gitar dan bermain bersama mereka di acara Fruit Tea Jakarta Jam. Begitu juga Katy Perry yang sukses membuat cemburu ribuan pria di SICC ketika mencium seorang pria yang ditarik dari kerumunan penonton  Hal-hal semacam itulah yang membuat konser musik semakin bernilai. 

    Saya menantikan kejutan dari MXPX, seperti yang mereka lakukan di Hall Basket Gelora Bung Karno 2008 silam saat Mike dan Tom saling bertukar instrumen dengan cara melemparkannya ke arah masing-masing di tengah lagu Punk Rawk Show. Atau saat mereka mengajak Eka, bassist Superman Is Dead untuk berkolaborasi dengan mereka di lagu Chick Magnet. 

    Kejutan yang saya nantikan itu langsung muncul begitu mereka naik ke atas panggung. Dan sejujurnya, saya tidak menyukai kejutan yang mereka tampilkan. Kejutannya ialah ketika saya hanya melihat Mike Herrera menjadi satu-satunya personil asli di atas panggung.  Tidak tampak sama sekali penampakan Tom Wisniewski dan Yuri Ruley yang notabene gitaris dan drumer band tersebut. Posisi mereka digantikan oleh duo Tumbledown – side project country punk dari Mike Herrera – Jack Parker dan Harley Trotland. Malam itu saya seperti menonton konser Tumbledown yang mengcover lagu-lagu MXPX selama sejam lebih. 

    Dengan set panggung dan lighting yang sederhana, band yang telah menghasilkan 9 album tersebut langsung menggebrak dengan lagu My Life Story dan Tomorrow's Another Day. Moshpit semakin menggila ketika mereka membawakan lagu-lagu yang lebih beringas seperti Secret Weapon, Screw Loose, Another Song About TV, serta Doing Time. Koor juga tercipta saat band yang terbentuk sejak 1992 tersebut membawakan sejumlah lagu anthemic semacam Move To Bremerton dan Heard That Sound.

     Di tengah konser, Jack dan Harley turun dari stage dan hanya menyisakan Mike seorang diri bernyanyi dengan gitar akustiknya. Saya menyukai bagian kejutan yang satu ini. Di akhir solo show, Mike menyanyikan refrein Late Again dari album Panic. Sesaat setelah itu, Jack dan Harley naik ke atas panggung untuk bergabung dengan Mike dan kembali membakar arena moshpit dengan lagu tersebut. Setelah membawakan Chick Magnet, mereka turun dari panggung. Spontan seisi gedung meneriakkan encore, “We want more! We Want more!” 

    Tak lama kemudian Mike kembali ke atas panggung, diikuti Jack dan Harley. Mike membalas teriakan penonton dengan berkata, “You want more or you want a few more?” Tanpa ragu seisi gedung meneriakkan opsi kedua, disusul dengan jawaban dari Mike, “Promise me to get more crazy!” 

    Setelah percakapan singkat tersebut crowd langsung memanas yang disambut dengan lagu klasik dari album Teenage Politics berjudul Punk Rawk Show. MXPX mengakhiri konsernya dengan lagu Responsibility. Konser Heaven rawk Tour 2012 di Jakarta ini merupakan bagian pertama dari serangkaian tur tiga kota di Indonesia. Selanjutnya mereka akan melanjutkan turnya di Yogyakarta pada 12 Oktober, serta Bali tanggal 14 Oktober.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    threeonspeed.com/search/label/news

    Post a Comment

    Item Reviewed: Review Konser: MXPX Rasa Tumbledown di Heaven Rawk Tour Jakarta Rating: 5 Reviewed By: Three On speed
    Scroll to Top