Gugun Blues Shelter Akan Tur Di-7 Kota Di Amerika Serikat - Three On Speed Gugun Blues Shelter Akan Tur Di-7 Kota Di Amerika Serikat - Three On Speed

728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, November 14, 2012

    Gugun Blues Shelter Akan Tur Di-7 Kota Di Amerika Serikat

    Gugun Blues Shelter Akan Tur Di-7 Kota Di Amerika Serikat

    Mereka menggunakan nama Gugun Power Trio di negara Paman Sam tersebut


    Pencapaian gemilang ditorehkan trio blues-rock asal Jakarta, Gugun Blues Shelter. Album keenam, Solid Ground yang membuat namanya melejit di negeri Paman Sam, Amerika, kini menjadi tema tur mereka untuk menjajaki kota-kota besar di negara asal musik rock n roll ini. Tur yang bertajuk Solid Ground Tour Album 2012 ini akan di mulai pada Selasa (13/11) mendatang.

    Band yang di Amerika Serikat lebih dikenal dengan nama Gugun Power Trio ini akan menggelar konser di tujuh tempat dengan tujuh tanggal konser yang berbeda.  Nama tersebut diusung oleh label rekaman independen, Grooveyard Records, ketika dua album mereka masuk ke pasar musik Amerika Serikat.

    Konser Gugun Blues Shelter akan berawal di tanah Chicago, Reggie’s Music Joint (13/11), kemudian dilanjutkan ke The Southern, Charlotesville (15/11), Hard Rock Cafe, Washington (16/11), Whisky A Go Go, West Hollywood (17/11), Rockit Room, San Francisco (18/11), Nectar Lounge, Seattle (20/11), dan Hard Rock Cafe, New York City (21/11) akan menjadi tempat terakhir yang disambangi Gugun Blues Shelter.

    Selain itu, dikabarkan oleh The Riverbank Agency selaku agen Gugun Blues Shelter, jika masih ada satu jadwal yang masih tentatif di venue paling bergengsi  nomor delapan dari 100 tempat paling hebat di dunia, Webster Hall, New York City.

    “Ada tiga promotor setempat yang masih rebutan untuk konser Gugun Blues Shelter disana,” ungkap Mitra selaku pimpinan The Riverbank Agency pada konferensi pers yang diadakan di Rolling Stone Cafe, Jakarta pada Jumat (9/11) lalu.

    Sang bassist Jon Armstrong atau yang lebih akrab dipanggil Jono angkat bicara ketika ditanyakan kenapa Amerika yang menjadi tujuan mereka? “Sebenanya kami ingin kesana karena ngerasa musik kami cocok dengan telinga orang sana.. Ya istilahnya, dangdutnya mereka,” ujar Jono.

    Amerika bukan negara pertama yang didatangi Gugun Blues Shelter dalam debut tur mancanegara mereka, sebelumnya Cina dan Inggris juga pernah merasakan alunan musik blues-rock dari band yang berhasil meraih dua penghargaan di AMI Awards 2012 ini.

    Membawa nama tanah air ke pentas internasional merupakan sebuah kebanggaan bagi Gugun Blues Shelter. Bowie selaku penggebuk drum dalam band mengatakan, “Kami bangga bawa nama Indonesia, meski ini bukan pertama kalinya. Indonesia punya musisi yang bagus dan kita mau buktikan itu ke luar. Kita mau buktikan Indonesia juga punya budaya modern.”

    Sang frontman, Gugun juga menambahkan, “Kami biasanya membawakan lagu Bahasa Indonesia di saat-saat terakhir pertunjukan. Dan mereka menyukainya.. mereka berkata Bahasa Indonesia keren karena memilik ritme dan cukup musikal.”

    Gugun juga bercerita tentang rasa kesalnya ketika diwawancarai oleh radio disela-sela waktu istirahatnya ketika bermain dalam salah satu festival bergengsi di Inggris, Hard Rock Calling 2011, yang mengambil tempat di Hyde Park, London.

    “Orang dari radio tesebut bertanya, ‘Kok kalian bisa sih membawakan lagu rock n’ roll? Kalian kan dari Indonesia dan negara kalian sedang kacau.’ Jujur, pertanyaan itu agak gak enak di hati. Dengan tur ini semoga kami bisa membuat berita tentang Indonesia jadi nggak negatif saja. Menurut Saya kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Jogja masih sangat jauh lebih berkesenian dibanding tempat kami menginap dulu, Blackburn, Inggris. Di sana ga ada musik sama sekali,” tandas Gugun.

    Dalam turnya kali ini, Gugun Blues Shelter mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, yang pada konferensi pers kali ini diwakili oleh Liliek selaku Kepala Pengembangan Sub-Direktorat Musik.

    Ketika ditanya tentang alasan pemerintah memberi dukungan kepada Gugun Blues Shelter, Liliek mengembalikannya kepada sosok Gugun Blues Shelter. “Itu karena talenta mereka. Mereka sendirilah yang membuat mereka pantas dihargai dengan prestasi-prestasi yang membanggakan. Dan hal seperti itu yang akan mendorong anak muda lain untuk ikut berprestasi,” ujar Liliek.

    Kemudian ia menambahkan, “Kementrian bukan hanya mendukung dalam bidang musik. Kami mendukung segala jenis kesenian, seperti fotografi, tari, fashion, dan lain-lain. Bukan hanya yang besifat modern, yang tradisional juga kami dukung.”

    Gugun merasa berterima kasih kepada pemerintah atas dukungannya walau tampaknya agak terlambat. Sebelumnya Gugun, Jono dan Bowie harus mengumpulkan uang sendiri untuk mendapatkan tempat di mata dunia internasional. “Di Inggris kami harus meminjam mobil van milik teman, tinggal ditempat tempat dan tidur dilantai,” ujar Gugun mengenang jerih payahnya ketika menjalani tur di Inggris.

    Hal tersebut yang memicu pertanyaan kenapa pemerintah baru kali ini mendukung Gugun Blues Shelter, padahal sebelumnya mereka juga telah menyambangi beberapa negara sebagai band dari Indonesia. Menanggapi pertanyaan tersebut, Liliek menerangkan, “Dukungan yang kami berikan, bukan karena kritik yang mereka sampaikan kepada kami, tapi mungkin saat itu memang belum waktu yang tepat. Komunikasi yang kami lakukan memang belum nyambung, semoga kedepannya akan lebih nyambung.”

    Sementara itu Gugun mengatakan, jika mereka tidak penah mengharapkan bantuan dari pemerintah untuk menjalankan turnya di luar negeri. Gugun mengaku ia lebih berharap dari kawan-kawan dan penggemar mereka di Inggris untuk menjamin  bahwa Gugun Blues Shelter adalah benar-benar musisi, sehingga bisa mendapat sponsorship.

    Dalam rangkaian turnya Gugun Blues Shelter berencana membawakan lagu-lagu dari album Far East Blue Experience dan album Solid Ground, guna mempromosikan album mereka yang sukses terjual laris di Amerika Serikat. Pembelian melalui digital media seperti iTunes merupakan pilihan utama bagi penggemar Gugun Blues Shelter di Amerika dan Jepang.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    threeonspeed.com/search/label/news

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gugun Blues Shelter Akan Tur Di-7 Kota Di Amerika Serikat Rating: 5 Reviewed By: Three On speed
    Scroll to Top