Pilihan Enam Lagu Terbaik Dari Enam Album Blink-182 - Three On Speed Pilihan Enam Lagu Terbaik Dari Enam Album Blink-182 - Three On Speed

728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, November 26, 2012

    Pilihan Enam Lagu Terbaik Dari Enam Album Blink-182




    Sebelumnya, tolong dicatat: saya bukanlah die hard fans Blink-182. Saya hanya kurang menyukai musik yang dinyanyikan banyak orang. Jangan sebut saya hipster! Baiklah, saya dan band saya semasa SMA memang sering membawakan lagu-lagu mereka di panggung-panggung sekolah. Saya berani bertaruh, sebagian besar remaja yang lahir di era ‘90an juga pasti melakukannya.

    Bagaimanapun juga trio ini adalah yang paling fenomenal di eranya. Dengan total penjualan album hingga mencapai lebih dari 28 juta copy di seluruh dunia, Blink-182 menjadi salah satu band yang cukup berpengaruh. James Montgomery pernah menulis di MTV News bahwa tanpa mereka Fall Out Boy, Paramore, hingga label rekaman Fueled by Ramen (label yang menaungi Paramore, Panic! At the Disco, Fun, Travie McCoy) mungkin tidak akan terlahir. Bahkan Mumford and Sons, band folk bluegrass paling fenomenal saat ini mengakui pengaruh mereka dan sangat menaruh respek untuk band tersebut. Mungkin alasan itulah yang mendasari saya untuk membuat list ini. Yah, anggap saja pemanasan untuk EP yang akan mereka rilis 18 Desember nanti.

    Carousel (Cheshire Cat, 1994)
    Bass line dinamis di intro yang langsung disambar dengan sound gitar yang liar menjadikan lagu ini sebagai track pembuka yang brilian. Sayangnya ketukan drum Scott Raynor terdengar begitu monoton di lagu ini. Setidaknya lagu ini masih cukup kuat untuk memacu adrenalin anda meluncur di atas papan skate.

    Josie (Dude Ranch, 1997)
    ‘Dammit’ memang berhasil mengantarkan Blink-182 meraih popularitasnya. Keikutsertaanya di Vans Warped Tour merupakan bukti kesuksesannya. Namun yang paling menarik perhatian telinga saya dari Dude Ranch adalah ‘Josie’, single kedua mereka di album ini. Meskipun aransemen musiknya tidak terlalu ngejelimet tapi yakinlah, lagu ini akan membuat anda tetap meluncur di atas papan skate meskipun kaki anda sedang patah.

    Lirik lagu ini juga cukup menarik. Jika anda penganut paham ‘kamu tuh terlalu baik buat aku’ sebagai metode untuk memutuskan pacar anda, sebaliknya Mark Hoppus justru mengimajinasikan sosok pacar yang sempurna lewat lagu ini. Oh iya, Josie yang dimaksud Mark dalam lagu ini adalah nama anjing peliharaan milik salah seorang teman Mark.

    Dysentery Gary ( Enema of the State, 1999)
    Selamat datang di era baru Blink-182! Dan sambutlah Travis Barker, drumer baru mereka yang kelak melahirkan banyak Travis KW di penjuru dunia. Ada beberapa perubahan di album ini seperti sound gitar Delonge yang catchy, bass Hoppus yang semakin simpel, dan ketukan drum yang semakin variatif. Di album ini juga sepertinya Tom semakin mengerti bagaimana cara bersenang-senang, terbukti dengan lagu-lagu ciptaanya yang berkisar tentang masturbasi, alien, hingga biseksual. ‘Dysentery Gary’ adalah cara kesenangan Tom yang paling saya suka. Ia berhasil membuat solo gitar yang fun, dan saya juga menyukai permainan drum Travis di lagu ini.

    Anthem Part 2 (Take Off Your Pants and Jacket, 2001)
    Setelah bersenang-senang di Enema of the State, Tom mulai berbicara tentang kegelisahannya di lagu ini. Maaf, kegelisahan tentang sulitnya menjadi remaja maksud saya. Agak sulit dipercaya memang, ketika tiga orang pria yang pada waktu itu nyaris mendekati umur 30 berbicara tentang kegelisahan remaja layaknya sedang berusia 15an. Dari segi musikalitas, Blink-182 masih belum kehilangan kreativitasnya. Riff gitar yang simpel dan powerful di awal lagu langsung disambut dengan ketukan drum yang tidak simpel dan tak kalah powerful.

    Obvious (Blink-182, 2003)
    Entah apa yang terjadi pada Mark, Tom, dan Travis dalam kurun waktu dua tahun semenjak Take Off Your Pants and Jacket dirilis. Kita tahu di album-album sebelumnya mereka bertiga selalu menunjukkan sifat kekanak-kanakannya dan dengan lantang berteriak menolak dewasa lewat lagu-lagunya. Kemudian mereka kembali muncul dengan album self-titled dan mengejutkan banyak orang dengan konsep album yang sangat dewasa. Yup, The Peter Pan has grown up, say goodbye to Neverland.

    Track kedua di album ini, ‘Obvious’ adalah lagu pertama yang menunjukkan betapa dewasanya mereka. ‘Feeling This’ memang berhasil menjadi track pembuka yang baik di album ini, tapi ‘Obvious’ lah yang berhasil meyakinkan saya kalau mereka telah benar-benar dewasa. Sound gitar yang tebal berhasil menjadikan lagu ini sebagai lagu pop-punk yang gelap. Lagu ini juga mengingatkan saya dengan materi-materi lagu Tom di Box Car Racer. Ada beberapa bagian yang membuat lagu ini mirip, namun jika boleh membandingkan lagu ini masih lebih baik dibandingkan seluruh materi Tom di Box Car Racer.

    Natives (Neighborhoods, 2011)
    Sebenarnya saya tidak begitu menyukai lagu ini, tapi setidaknya ‘Natives’ memiliki sesuatu yang berbeda dari lagu-lagu lain di Neighborhoods. Pertama, lagu ini merupakan salah satu dari sedikit lagu yang lepas dari pengaruh +44 dan Angels & Airvawes. Kedua, ‘Natives’ berhasil mengembalikan memori saya tentang karakter musikalisasi Blink-182 yang telah dibentuk mulai dari album Cheshire Cat hingga Take Off Your Pants and Jacket, dan dari segi lirik mengingatkan saya akan kedewasaan mereka di album self-titled. Inilah yang benar-benar saya harapkan dari band yang telah vakum selama 8 tahun.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    2 comments:

    Item Reviewed: Pilihan Enam Lagu Terbaik Dari Enam Album Blink-182 Rating: 5 Reviewed By: Three On speed
    Scroll to Top