Memoritmo: Ada Cerita Dalam Setiap Nada - Three On Speed Memoritmo: Ada Cerita Dalam Setiap Nada - Three On Speed

728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, March 12, 2013

    Memoritmo: Ada Cerita Dalam Setiap Nada

    Oleh: Galung Isya Nukasvianta Dewa

     
    Ada 14 tulisan di dalam buku ini, 14 orang berbeda yang menuliskan kisahnya dengan lagu yang (mungkin) sangat lekat di dalam kehidupan dan menghantui di belakang kepala mereka. Entah terbawa alunan lagu, atau karena hanyut dalam lirik dari lagu tersebut. Musikus, penulis, penyiar radio, wartawan musik, sampai sutradara film hadir mewarnai isi buku ini. Bukan orang sembarangan tentunya, tapi jika menilik tulisan yang disajikan, masih berada pada batasan standar dalam pengerjaannya.

    Ada bagian yang masih dirasa biasa, dan salah penulisan kerap terjadi. Tapi terlepas dari hal tersebut, tulisan ini berhasil membuat kita seolah memasuki dunia si penulis ketika mendengarkan lagu yang menjadi judul pada tiap cerita. Bagaimana Cholil Mahmud dari Efek Rumah Kaca dengan bahasa Indonesia progresifnya mampu mengurai Terbunuh Sepi milik Slank, yang hingga saat ini masih kerap mengikuti dirinya dalam ingatan imajinasi absurd dalam proses pembuatan lagunya. Maradilla Syachridar (pencetus ide buku ini sekaligus musikus di Homogenic), gadis pendiam yang membuka memori pribadi lewat lagu Strings That Tie To You dari Jon Brion. Tulisan Hasief Ardiansyah yang hampir seperti kumpulan kata mutiara tentang Across The Sea milik Weezer. Sampai cerita sederhana Meng dari Float mengenai Moon River dan Kartika Jahja dengan tulisan yang membuat hati berdecit terhimpit karena 'Bad Wisdom' dari Suzanne Vega.

    Membaca keseluruhan isi buku ini memang menarik, boleh diulang sembari ditekankan pada kata menarik. Tapi cukup sampai di situ, tidak lebih. Betapa sebuah musik mampu membuat kenangan. Dan  kenangan dari sebuah lagu memang dirasakan sangat nyata pada masing-masing penulis. Mungkin tanpa musik dan lagu, kehidupan akan terasa sedikit salah.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    threeonspeed.com/search/label/news

    Post a Comment

    Item Reviewed: Memoritmo: Ada Cerita Dalam Setiap Nada Rating: 5 Reviewed By: Three On speed
    Scroll to Top