Pandai Besi dan Crowdfunding Menuju Lokananta - Three On Speed Pandai Besi dan Crowdfunding Menuju Lokananta - Three On Speed

728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, March 5, 2013

    Pandai Besi dan Crowdfunding Menuju Lokananta

    oleh : Harun Kurnia
    Foto : http://efekrumahkaca.net/en/

    Siapa yang tidak kenal dengan band asal Jakarta yang beranggotakan Cholil Mahmud (vokal, gitar), Adrian Yunan Faisal (bas, vokal latar), dan Akbar Bagus Sudibyo (drum, vokal latar) didalamnya. Ya, mereka adalah Efek Rumah Kaca. Mereka merupakan salah satu band yang menggebrak kesuksesan era musik indie menjadi seperti dewasa ini. Band yang telah merilis dua album, Efek Rumah Kaca(self title) dan Kamar Gelap berhasil menciptakan pasar sendiri pada saat itu. Single "Lagu Cinta Melulu" lah yang menjadi antonim keadaan pasar musik di Indonesia pada saat itu.

    Setelah bekarya lebih dari satu dekade dengan single-single yang meledak di pasaran musik (indie) Indonesia. Sedikit timbul kejenuhan dari Cholil dan Akbar yang dikarenakan tak kunjung rampungnya album ketiga Efek Rumah Kaca, yang akhirnya terbentuklah "Pandai Besi". Itulah awal mula terbentuknya Pandai Besi. Para personil Pandai Besi yang bersenang-senang dengan mencoba tuk mendaur ulang musik Efek Rumah Kaca dengan warna musik yang berbeda.

    Walau terbentuknya Pandai Besi, Efek Rumah Kaca masih tetap ada dengan beranggotakan Cholil Mahmud (vokal, gitar), Adrian Yunan Faisal (bas, vokal latar), dan Akbar Bagus Sudibyo (drum, vokal latar) didalamnya.

    Sedangkan Pandai Besi sendiri berpersonilkan,  Cholil Mahmud (vokal, gitar) dan Akbar Bagus Sudibyo (drum, vokal latar), Airil "Poppie" Nurabadiansyah (bas, vokal latar), Andi "Hans" Sabarudin (gitar), Muhammad Asranur (piano), Agustinus Panji Mahardika (terompet), dan Nastasha Abigail (vokal latar) mulai serius untuk menaungi blantika musik sejak tujuh bulan lalu sekitar bulan puasa tahun lalu. Setelah menuai pujian dari kerja keras mereka  akhirnya mereka memutuskan untuk membuat sebuah setlist yang akan direkam melalui dapur rekaman Lokananta. 

    Lokananta sendiri merupakan sebuah perusahaan rekaman/label musik pertama di Indonesia yang berada di Solo dan menciptakan rilisan-rilisan yang bersejarah. Pandai Besi sendiri akan merekam secara live sembilan lagu yang telah dipilih pada tanggal 9 - 12 Maret 2013 di Lokananta.

    Berikut Setlist sembilan lagu yang telah dipilih oleh Pandai Besi dan diambil dari album Efek Rumah Kaca(self title) dan Kamar Gelap, lagu tersebut di antaranya :
    1.    "Hujan Jangan Marah"
    2.    "Menjadi Indonesia"
    3.    "Di Udara"
    4.    "Melankolia"
    5.    "Jangan Bakar Buku"
    6.    "Laki-laki Pemalu"
    7.    "Debu-debu Berterbangan"
    8.    "Jalang"
    9.    "Desember"

    Asranur pemain piano Pandai Besi mengungkapkan  mengenai hal pemilihan setlist lagu di atas, "Pemilihan setlist lagu ini mungkin karena warnya lagunya yang kurang lebih sama," ungkapnya.

    Selain itu Ia juga berharap agar semua orang suka dengan hasil rekaman tersebut, "Semoga orang-orang suka dengan hasil aransemen ulang lagu-lagu Efek Rumah Kaca oleh Pandai Besi," tuturnya yang ditemui di [at]demajors semalam(28/2).

    Dalam rekaman album Pandai Besi yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, mereka membentuk cara yaitu pendanaan oleh khalayak (crowdfunding). Crowdfunding ini tersedia dalam berbagai paket harga donasi dimulai dengan Rp 60.000 sampai dengan paket donasi yang bernilai Rp 10.000.000 untuk info lebih lengkapnya silahkan klik http://efekrumahkaca.net/en/.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    threeonspeed.com/search/label/news

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pandai Besi dan Crowdfunding Menuju Lokananta Rating: 5 Reviewed By: Three On speed
    Scroll to Top