Post-rock di Puncak Gugah Akal Budi - Three On Speed Post-rock di Puncak Gugah Akal Budi - Three On Speed

728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, May 14, 2013

    Post-rock di Puncak Gugah Akal Budi

    oleh : Harun Kurnia

    Satu hari sebelum salah satu ikon post-rock, Sigur Ros menyambangi Indonesia, sebuah konser musik yang diadakan oleh Kafha Paramadina bisa dibilang menjadi pemanasan dalam menyaksikan band asal Iceland tersebut. Acara yang bertemakan "Gugah Akal Budi" mengundang beberapa band dengan jenis aliran post-rock, pada hari Kamis (9/5) di Taman Peradaban, Universitas Paramadina. 

    Acara ini mengundang beberapa band seperti, Mind Deer, Scarf and Glasses(SAG), Frozencast, Morning Smile,  Delaytribe, Memoria Phobia, Ragak, DRNKS, Pagi Mentari, Fuentes, Cherry Bombshell, Sparkle Afternoon, dan SBTH, yang beberapa band diatas berjenis post-rock atau sejenisnya.

    Acara Konser Musik ini diadakan dalam memperingati hari jadi Kafha ke delapan ini, dan merupakan puncak dari seluruh rangkaian acara yang telah diadakan sejak awal Mei 2013. Sebelumnya, beberapa acara seperti workshop, pameran seni, sampai dengan pertunjukkan teater.

    Acara Konser Musik ini sendiri, dimulai kisaran pukul empat sore, dengan penampilan pembuka dari Mind Deer, dilanjut dengan penampilan dari SAG, dan kemudian tanpa henti penonton langsung lagi dihibur oleh band Frozencast, sebelum break salat Magrib penonton terlebih dahulu dihibur oleh Morning Smile.

    Setelah sekiranya menunggu setengah jam, pasca break Magrib. Acara pun kembali diteruskan dengan penampilan dari Delaytribe. Delaytribe berhasil membuat beberapa penonton untuk bergoyang bersama. Masih tersisa delapan band yang belum tampil di Konser Musik "Gugah Akal Budi". Secara berturut-turut band berikutnya pun naik ke stage sederhana di Taman Peradaban Universitas Paramdina seperti, Ragak,  kemudian Memoria Phobia, band asal Bandung ini berhasil tampil memukau, penonton pun terkesima melihat penampilan mereka. Akhirnya para lelaki bisa menyegarkan mata dengan penampilan band, Pagi Mentari, dalam anggotanya Pagi Mentari terlihat dua sosok wanita yang terbilang pas untuk menemani musik manis mereka.  Usai penampilan dari band asal Bandung acara kembali dilanjut dengan penampilan  DRNKS.

    Tak lama berselang, salah satu band post-rock yand ditunggu-tunggu pun menaiki stage. Yah, mereka adalah band post-rock dari Tangerang, Fuentes. Band ini tampa kompromi langsung mengalunkan single pertamnya yang berjududul, 'Mafia Unfixed III'. Seperti biasa band yang telah memenangi favorite newcomer ICEMA 2012 ini, hanya memainkan tiga lagu saja. Penampilan yang memukau dari mereka pun harus ditutup dengan single mereka yang, 'Mola-mola'

    Belum puas sampai disitu, band legend Cherry Bombshell pun menghibur para penonton yang telah datang. Terkesima dan kagum dengan permainan yang begitu menawan dari Cherry Bombshell ditambah kuatnya balutan vokal wanita yang terdengar begitu indah dan menawan, terasa begitu menghangatkan suasana di lokasi saat itu.

    Usai bersnostalgia dengan tembang-tembang dari Cherry Bombshell, penonton pun kembali disajikan oleh penampilan dari Sparkle Afternoon. Tidak lama berselang dari penampilan dari Sparkle Afternoon, giliran SBTH lah yang di tunjuk menjadi penutup seluruh rangkaian Sewindu Kafha, Universitas Paramadina.

    Balutan post-rock begitu kental menutup rangkaian acara yang bertemakan "Gugah Akal Budi" ini. Dalam press releasenya diungkapkan, kenapa post-rock dipilih untuk menutup seluruh rangkaian Sewindu Kafha. Genre post-rock ini, mungkin berkontribusi dalam membangun dan mengembangkan dunia musik menjadi lebih dinamis dan lebih utamanya menjadi semangat, yang tertuliskan dalam press relesease mereka.    

    Dan berikut photoset  Konser Musik "Sewindu Kafha : Gugah Akal Budi"  :














     
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    threeonspeed.com/search/label/news

    Post a Comment

    Item Reviewed: Post-rock di Puncak Gugah Akal Budi Rating: 5 Reviewed By: Three On speed
    Scroll to Top