Sonic Funeral Akan Rilis Ulang Debut Album Komunal - Three On Speed Sonic Funeral Akan Rilis Ulang Debut Album Komunal - Three On Speed

728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, August 15, 2013

    Sonic Funeral Akan Rilis Ulang Debut Album Komunal

    Oleh: Argo Selig Saputro 
    Komunal di penghargaan ICEMA 2012
     Debut album Komunal yang dirilis pada 2004 silam, Panorama akan dirilis ulang oleh Sonic Funeral dalam format 12-inch vinyl. Album reissue ini rencananya akan dirilis pada 2014 untuk memperingati 10 tahun diluncurkannya Panorama. Sebelumnya, album yang berisikan sembilan lagu ini dirilis lewat Hamson Killer Records dalam format kaset.

    Rencana proyek reissue ini sendiri bahkan telah muncul sejak akhir 2012, atau beberapa bulan setelah Sonic Funeral berdiri. Album reissue ini memang direncanakan untuk menandai 10 tahun dirilisnya Panorama, namun founder Sonic Funeral, Adi Renaldi mengaku ide untuk mengerjakan reissue ini pada dasarnya lebih ke alasan personal. Ia memang sudah menjadi penggemar Komunal sejak album Panorama dirilis.

    “Ide untuk me-reissue album ini sendiri terbersit secara tiba-tiba. It would be definitely cool to see this album on vinyl, and that’s it! Lagipula harga kasetnya sudah tak masuk akal dan tergolong sangat jarang ditemukan di lapak-lapak. Jadi saya mulai mengontak Doddy Hamson (vokalis Komunal) tentang misi ini. Beliau sangat menyambut baik ide ini,” jelasnya.

    Namun, rencana ini bukan tanpa kendala. Master file debut album ini hilang dan pencariannya pun nyaris menemui jalan buntu. Beruntungnya, alternatif pengganti master file tersebut berhasil ditemukan.

    “Setelah berbulan-bulan upaya mencari master file-nya, saya hampir putus asa. Namun anggota band rupanya tetap berusaha mencari hingga ditemukan alternatif pengganti master file yang sedikit membutuhkan sentuhan khusus,” ujarnya.

    Masalah terkait master file memang sudah terpecahkan. Namun masalah kedua muncul, master file untuk Panorama membutuhkan sentuhan magis dari engineer kelas wahid. Dan album ini sepertinya memang ditakdirkan untuk bergemuruh kembali. Brad Boatright, vokalis From Ashes Rise sekaligus engineer yang pernah menggarap rekaman dari Off!, Sleep hingga Sunn O))) bersedia membantu pengerjaan album ini.

    “Brad dengan senang hati membantu, meski master file yang ditemukan memiliki beberapa kendala. Namun terlepas dari masalah tersebut, Brad tetap secara maksimal mengolah mentahan master file-nya hingga monster yang tersembunyi dalam album ini benar-benar bangun dari tidur panjangnya ,” tutur Adi.

    Sonic Funeral nampaknya bukanlah penganut “don't judge the book by it’s cover” melihat keputusannya menunjuk Indra Morgan a.k.a Morrg untuk mendesain artwork album ini. Kejeniusannya dalam menggambar jelas akan menyempurnakan proyek monumental ini. Bagi Morrg sendiri, ini bukanlah pertama kalinya ia menggarap artwork untuk Komunal.  Sebelumnya ia pernah menggarap artwork untuk album kedua Komunal, Hitam Semesta.

    Ketika ditanya soal jumlah produksi album reissue Panorama, pihak Sonic Funeral mengungkapkan bahwa mereka belum bisa secara pasti mengumumkannya.

    “Yang pasti karena semua keterbatasan dari pihak label dan beragam kendala diluar sana, tampaknya album ini tak akan dirilis dalam jumlah banyak.”
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    threeonspeed.com/search/label/news

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sonic Funeral Akan Rilis Ulang Debut Album Komunal Rating: 5 Reviewed By: Three On speed
    Scroll to Top