Relamati Records Rencanakan Album Kompilasi 90's Emo/Screamo - Three On Speed Relamati Records Rencanakan Album Kompilasi 90's Emo/Screamo - Three On Speed

728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, December 1, 2013

    Relamati Records Rencanakan Album Kompilasi 90's Emo/Screamo



    Woodcabin, salah satu band pengisi kompilasi (Foto: Ignatius Budi Chrismanto)

    Label independen asal Yogyakarta, Relamati Records akan merilis album kompilasi yang merepresentasikan skena 90's emo/screamo lokal. Album kompilasi ini direncanakan rilis pada awal 2014 dan akan dirilis dalam dua format, yaitu format kaset dan cakram padat.

    Sejauh ini, sebanyak 14 band telah terdaftar untuk mengisi kompilasi ini. Band-band tersebut antara lain Laora, Reveur, Shorthand Phonetics, Senja Dalam Prosa, Sad Story on Sunday, A City Sorrow Built, Amukredam,  Vague, No Love, What The Sparrow Did To You, Woodcabin, LKTDOV, Gauth dan Wreck.

    Indra Menus, owner Relamati Records sekaligus penggagas dan kurator album kompilasi ini, menjelaskan bahwa alasan utama pembuatan album ini pada awalnya karena ia melihat skena musik emo dan screamo di Indonesia dipenuhi dengan miskonsepsi.

    “Banyak yang melihat band-band MTV emo/screamo sebagai panduan, sementara band-band 90's emo/screamo yang di luar sana skena-nya masih dekat dengan skena DIY hardcorepunk malah terlewatkan,” jelasnya saat ditanya Three On Speed mengenai ide awal pembuatan album ini.

    Hal ini memang sempat ia keluhkan mengingat miskonsepsi ini telah muncul beberapa tahun belakangan dan hanya berkembang sebatas isu di dunia maya tanpa ada aktivitas langsung. Namun, pada akhirnya ia menemukan sejumlah band yang memainkan genre ini dengan Roots-Character-Attitude (RCA) yang sama seperti band band 90's emo/screamo di skena DIY hardcorepunk.

    “Dua tahun belakangan saya melihat ada semacam pergerakan yang signifikan dari skena ini. Banyak band-band yang memainkan serta mengerti tentang RCA dari 90's emo/screamo dan dari situ saya kepikiran, gelombang band-band ini seharusnya didokumentasikan sebagai penanda jaman. Jangan sampai hal ini terlewatkan begitu saja, karena kita tahu Indonesia itu paling jelek masalah pendokumentasian,” ujarnya.

    Dalam proses produksinya Relamati Records akan menggandeng First Note Records, Rizkan Records (sub-label StoneAge Records) dan Sailboat Records. Untuk format kaset, album kompilasi ini akan dirilis sebanyak 100 kopi oleh Relamati Records, First Note Records serta Rizkan records, sementara untuk format CD akan dirilis oleh Sailboat Records.

    Album ini sendiri direncanakan memasuki proses produksinya pada bulan Desember ini. Namun, terkait tanggal perilisan Indra belum bisa memastikannya.

    "Rencananya sih album ini akan kami rilis awal 2014, paling lambat sih pengennya Februari 2014 pas Valentine hahaha. Tapi berhubung penggandaan tape nggak bisa dipastiin kelarnya kapan ya kita cuma bisa berharap saja."
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    threeonspeed.com/search/label/news

    Post a Comment

    Item Reviewed: Relamati Records Rencanakan Album Kompilasi 90's Emo/Screamo Rating: 5 Reviewed By: Three On speed
    Scroll to Top