Owls - Two - Three On Speed Owls - Two - Three On Speed

728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, March 7, 2014

    Owls - Two



    Menyandang status sebagai pecahan Cap’n Jazz dengan personel paling orisinal, Owls sering disebut sebagai jelmaan baru Cap’n Jazz dengan karakter yang lebih kalem. Namun demikian sama halnya ketika masih bersama Cap’n Jazz, dua bersaudara Tim Kinsella dan Mike Kinsella serta Victor Villarreal dan Sam Zurick memilih untuk meninggalkan Owls untuk membentuk bejibun proyek musik lainnya tak lama setelah debut album self-titled Owls dirilis pada tahun 2001 lalu. Band ini pun dianggap telah selesai, hingga pada Juli 2013 lalu lewat akun Facebook mereka menyatakan siap merekam album keduanya setelah menyelesaikan materi baru yang memakan waktu 18 bulan.

    Tak banyak sebenarnya yang bisa diharapkan dari album ini, mengingat band ini telah lama ditelantarkan sejak debut albumnya 13 tahun silam. Reuni band ini sendiri adalah aji mumpung, melihat ide dihidupkannya kembali Owls tercetus saat Cap’n Jazz sedang melakoni tur reuninya. Album ini pun berpeluang hanya menjadi koleksi pelengkap saja bagi die-hard fans Kinsella bersaudara.

    Di atas kertas memang seperti itu, namun Two berada di level yang lebih tinggi untuk sekedar menjadi koleksi pelengkap. Formula yang dihadirkan dalam Two memang masih sama dengan apa yang mereka tawarkan 13 tahun yang lalu (setidaknya hal itu telah mereka coba tampilkan lewat cover album ini yang memiliki pendekatan serupa dengan album sebelumnya), mathy indie-rock dengan sedikit jazz yang slengean. Yang menarik adalah bagaimana mereka membawa Owls menjadi lebih dewasa lewat album ini.

    Sebagian besar materi di album ini dikemas dengan lebih segar. Silahkan tengok sendiri bagaimana mereka memperlakukan ‘Why Oh Why’ dan ‘A Drop of Blood’ dengan manis lewat aransemen vokal yang lebih harmonis dibanding album sebelumnya. Atau bagaimana angkuhnya mereka dalam nomor pembuka berjudul ‘Four Works of Art’. Band asal Chicago ini nampaknya tahu benar bagaimana caranya menjadi dewasa tanpa harus menghilangkan citra geek mereka. Album berisikan 10 lagu ini adalah rilisan yang layak diperhitungkan sepanjang awal tahun ini.

    -Argo Selig Saputro
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    threeonspeed.com/search/label/news

    Post a Comment

    Item Reviewed: Owls - Two Rating: 5 Reviewed By: Three On speed
    Scroll to Top