Semarak 10 Tahun Java Jazz Festival - Three On Speed Semarak 10 Tahun Java Jazz Festival - Three On Speed

728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, March 10, 2014

    Semarak 10 Tahun Java Jazz Festival

    Oleh : Harun Kurnia
    Foto : Harun Kurnia dan M. Hanif 

    Pada tahun 2014, Java Jazz Festival telah memasuki tahun ke sepuluhnya. Berbagai sajian musik yang penuh kesan disajihkan selama tiga hari berturut-turut, 28 Februari sampai dengan 2 Maret. Ribuan orang pun hilir mudik di kawasan JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

    Dalam gelaran kesupuluhnya kali ini mereka menyajihkan line-up, seperti  Jamie Cullum, Natalie Cole, India Arie, Incognito, Roy Ayers,Allen Stone, Dave Koz, dan puluhan nama lainnya yang mengisi 17 stage yang telah disiapkan pihak penyelenggara. Selain itu, pada gelaran JJF kesepuluh, terdapat satu stage khusus yang menampilkan musisi dari Brazil.

    Gelaran hari pertama, Jum’at(28/2) dibuka dengan penampilan dari wanita jebolan Indonesia Idol, Monita Tahalea & The Nightingles, suara merdunya mengalun tenang di ruangan, Lawu. Ditempat lainnya, tepatnya di Delta Female Stage, ada artis yang baru saja meluncurkan debut albumnya, Danilla.

    Tak lama berselang, terlihat antrian yang sudah cukup panjang didepan Simpati Stage, penonton yang mayoritas kaum hawa terlihat sudah tidak sabar untuk masuk kedalam venue tersebut, seketika  ruangan yang begitu luas telah terisi oleh ratusan pasang mata. Sosok pria yang ditunggu-tunggu pun akhirnya muncul. Yah, Afgan berhasil menarik perhatian para kaum hawa untuk berteriak histeris. Antrian pun terlihat masih di luar ruangan Simpati Stage menunggu giliran masuk kedalam Simpati Stage.

    Pada hari pertama ada satu nama yang menjadi special show malam itu. Pria multt-talenta, Jamie Cullum lah yang ditunggu-tunggu penampilannya malam itu. Walau harus merogoh kantong lagi, tidak terlihat menyurutkan para penonton untuk menyaksikan aksi dari pria berkebangsaan Inggris.

    Usai menunggu lebih dari satu jam lamanya, akhirnya Jamie Cullum muncul dan menyapa para penonton Indonesia untuk kedua kalinya pada festival yang sama. ‘The Same Things’ menjadi salam pembuka yang hangat bagi para penggemarnya yang telah lama menunggu. Aksi yang begitu enerjik begitu terlihat dengan lari dari sisi panggung ke sisi panggung lainnya. Pada lagu kedua ‘Get Your Way’, Ia terlihat mulai memainkan tuts tuts piano. Tanpa disangka ditengah lagu Ia menaiki piano yang telah Ia mainkan dan meloncat dari atas piano tersebut.

    Rentang dalam waktu 90 menit, Ia memainkan 16 lagu. Aksinya yang memukau dari Jamie Cullum tersebut menutup gelaran Java Jazz hari pertama.

    Day 2
    Line up dihari kedua Sabtu(1/3), menampilkan line up seperti Incognito, Krakatau Reunion, Raisa, Earth, Wind,and Fire Experience dan juga nama-nama lainnya.

    Hari kedua dibuka dengan penampilan baru dari Endah N Rhesa yang tampil dengan nama Endah N Rhesa Extended. Nama Endah N Rhesa dikenal penampil yang hanya di khiasi oleh kedua orang suami istri tersbut, Namun pada penampilannya di JJF 10, mereka tampil dengan full band. Terlihat ada sosok drummer dan juga gitar kedua.

    Pada Hari Kedua, penampilan Earth, Wind, and Fire Experience tetap dipadati penonton, walau mereka telah tampil dihari pertama. Salah satu yang menarik pada hari kedua adalah masuknya nama Girlsband, JKT48 dalam line up. Terlepas genre apa yang mereka anut, penampilan mereka tak bisa puput dari puluhan pasang mata pria dan juga para fansnya.

    Incognito didaulat menjadi nama penutup pada gelaran JJF hari kedua. Bisa dibilang Incognito merupakan nama yang menjadi langganan festival jazz terbesar di Indoensia ini. Usai penampilan dari Incognito, hujan deras pun mengguyur kawasan JIExpo Kemayoran. Hal ini membuat para penonton sedikit menunda untuk pergi meninggalkan kawasan tersebut.

    Day 3
    Sisa-sisa hujan pun sudah tidak tampak, pada gelaran JJF hari terakhir, Minggu(2/3). Hari terakhir JJF menyajihkan nama yang cukup ditunggu-tunggu, seperti Natalie Cole dan juga India Arie. Untuk menikmati aksi dari Natalie Cole penonton harus membayar tiket tambahan, yang merupakan special show JJF 2014. Walau terlihat sudah tidak muda lagi, kepiawaiannya dalam olah vokal tidak perlu diragukan lagi. Para penonton pun berhasil dibuat terpana oleh penampilannya.

    Untuk menutup kemeriahan satu dekade Java Jazz Festival, India Arie ditunjuk menjadi bintang penutup diantara puluhan bintang yang bersinar lainnya. Walau terlihat sedikit gerogi pada awal penampilannya, secara keseluruhan India Arie berhasil menghangatkan suasana yang ada di Clear Hall malam itu.

    D
    engan berakhirnya penampilan dari India Arie, maka usai sudah gelaran Java Jazz Festival 2014. Semarak dan penuh kenangan akan menjadi hal yang melekat pada satu dekade Java Jazz Festival. JJF pun diharapkan akan terus hadir untuk meneduhkan suasana, disaat carut marutnya negara ini. Mari kita tunggu kejutan dan kemeriahan apa lagi yang akan disuguhkan pada gelarang JJF berikutnya.


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    threeonspeed.com/search/label/news

    Post a Comment

    Item Reviewed: Semarak 10 Tahun Java Jazz Festival Rating: 5 Reviewed By: Three On speed
    Scroll to Top